IndiHome: Peremajaan Jaringan Internet Indonesia — Siapa sih yang tidak kesal ketika lagi terdesak deadline, mau unggah dan unduh ini itu, eh malah jaringan lelet? Ya, pasti siapa saja merasakan hal yang sama kan, kesal!

Memang keterbatasan dari manfaat internet selalu saja bermasalah di persoalan aksesibilitas jaringan. Hal yang wajar sih pelanggan lebih memilih tawaran harga paket kuota murah, ketimbang keunggulan dari kecepatan jaringannya.

Padahal keutamaan dari kualitas jaringan itu lebih prioritas dibanding harga. Sebab, potensi cuaca juga bisa mempengaruhi kinerja dari aksesibilitas suatu jaringan. Kebutuhan internet cepat seharusnya jadi prioritas bagi setiap pelanggan.

Tapi, kalau kita bisa lebih cermat. Tidak ada salahnya membayar harga sedikit mahal untuk kualitas jaringan internet yang lebih cepat. Di samping memudahkan pekerjaan kita, juga mampu memberikan efisiensiefesiensi waktu.

Sedikit cerita tentang pengalaman aku. Dulu, sekitar tahun 2013. Sempat menggunakan jasa IndiHome sebagai internet di rumah. Tidak terlalu lama, hanya berkisaran 3 tahun saja. Sempat beralih ke pelayanan jasa lain ya karena itu, tawaran harga paket kuota yang lebih murah dan kualitas jaringan yang dijanjikan lebih kencang. Tapi kenyataannya, tidak demikian.

Saat itu tidak terlalu lama sih menggunakan IndiHome, berkisar 2 tahun saja, tepatnya sepanjang aku menyelesaikan studi pascasarjana ku. Setelah itu, aku memutuskan pindah ke jasa pelayanan internet lainnya.

Permasalahan yang paling riskan saat itu adalah terhambatnya mengunggah dan mengunduh data, sehingga butuh waktu lama untuk proses pengiriman tugas ke dosen aku. Ya kalian tahulah, sistem pembelajaran di pascasarjana itu kan semuanya serba daring.

Selain itu juga, kalau sudah tiba musim penghujan. Jaringan IndiHome sering terganggu. Mending lelet, terkadang mau benar-benar nihil tuh jaringan. Gawat banget kan? Ya, memang sangat menguji iman pada saat itu.

IndiHome yang memiliki misi yaitu, mempercepat pembangunan infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Misi IndiHome tersebut bertujuan untukย  terus melakukan perbaikan demi memuaskan pelanggannya.

Pada tahun 2019 kemarin, khususnya segmen internet seluler, pembangunan jaringan secara berkesinambungan hingga ke pelosok nusantara telah menghasilkan jumlah pelanggan 171 juta dengan 112 juta, di antaranya merupakan pengguna pelayanan mobile broadband.

Ini menunjukkan peningkatan kebutuhan pelanggan akan pelayanan jasa internet cepat. Bisa disimpulkan, trafik data tumbuh seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang semakin massif dalam menggunakan media sosial, layanan video, musik, game, serta pengguna 2G yang beralih ke layanan 3G maupun 4G.

Seiring peralihan ini pula, porsi pelayanan legacy akan semakin berkurang dan digantikan oleh pelayanan data. Disinilah peranan internet cepat menjadi kebutuhan sekunder bagi masyarakat Indonesia.

Karena desakan kebutuhan masyarakat akan pelayanan jasa inilah yang membuat IndiHome melakukan peremajaan jaringan. Telkom Group membagi bisnisnya dalam 3 Digital Business Domain, yakni digital connectivity, digital platform, dan digital service.

Dalam hal digital connectivity, IndiHome telah melakukan perbaikan ratio Upload dan Download (UL:DL). IndiHome mengubah UL:DL dengan rasio 1:3, dari sebelumnya berada di angka rasio 1:5.

Perubahan UL:DL sudah dilakukan untuk seluruh pelanggan IndiHome, sehingga membuat upload pelanggan semakin cepat, peningkatan throughput atau bandwidth aktual yang terukur, dan penurunan latency yang dapat membuat pelanggan berselancar di internet semakin cepat dan stabil.

Sedangkan dalam hal customer loyalty, inovasi-inovasi yang dilakukan antara lain: Higher Speed Same Price (HSSP), kategorisasi segmen High Value Customer (HVC), pemberian poin reward (gamification), dan berbagai keuntungan menarik lainnya bagi pelanggan.

Pada inovasi program HSSP, pelanggan setia IndiHome dapat menikmati penyesuaian kecepatan internet yang lebih tinggi tanpa adanya biaya tambahan.

Hal ini dilakukan IndiHome karena akhir Desember 2021, 74% pelanggan IndiHome memilih kecepatan paket diatas 20 Mbps. Itu berarti kebutuhan konsumsi internet masyarakat Indonesia terus meningkat.

Akhirnya, IndiHome memberikan penawaran paket internet murah dengan 2 pilihan Mbps, yakni 30 Mbps dan 100 Mbps.

Selain itu, sepanjang Juli ini, dalam HUT Ke-57 Telkom Group, IndiHome memberikan penawaran menarik kepada seluruh pelanggannya. Pelanggan IndiHome akan mendapat cashback 57 persen jika berlanggananย  mitra over the top (OTT) seperti Disney+ Hotstar, Vision, Catchplay+.

Caranya? Gampang, cukup daftar loyalti di website resminya IndiHome. Nah, program cashback ini bisa kamu dapatkan juga melalui e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dan Bukalapak.

Adapun untuk periode waktu tertentu hingga 10 Juli 2022, pelanggan IndiHome bisa menikmati semua channel tanpa dikenakan biaya. Tujuannya, agar para pelanggan bisa merasakan pengalaman pelayanan yang disajikan oleh IndiHome.

Wow, mantap betul! Wajar saja kalau IndiHome sebagai pelayanan fixed broadband terkemuka milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk merajai produk di tiga segmentasi, yakni internet, telepon, dan TV interaktif.

Ini juga jelas terlihat dari jumlah pelanggannya hingga saat ini yang mencapai 8,6 juta, dengan jangkauan 489 dari 514 kota/kabupaten, bahkan 10 pulau terluar Indonesia seperti Pulau Bintan, Karimun, Kei, Alor, Simeulue, Weh, Sebatik, Rote, Sabu, dan Nusa Penida.

Aku sih sepakat, karena aku juga merasakan pengalaman itu secara pribadi. Karena saat ini aku kembali menggunakan jasa pelayanan internet rumah dengan produk IndiHome Orbit.

Kualitas jaringan? Sangat jauh berbeda pas aku menjadi pelanggan di tahun 2013. Walaupun cuaca hujan deras dan angin kencang, Alhamdulillah jaringan internetnya masih cepat, stabil dan mudah melakukan unggah serta unduh data. Bahkan kualitas TV interaktifnya juga jernih.

Masih ragu dengan jasa pelayanan IndiHome sebagai internetnya Indonesia? Aku sih no! IndiHome, Aktivitas Tanpa Batas.

IndiHome: Peremajaan Jaringan Internet Indonesia

21 thoughts on “IndiHome: Peremajaan Jaringan Internet Indonesia

  • July 28, 2022 at 5:39 pm
    Permalink

    dulu sebelum pindah ke rumah yang baru, sempat pakai Indihome. jaringan nya memang bagus, ditambah para pekerja lapangannya yang ramah.
    Sayangnya, ditempat aku yang baru belum ada tower Indihome.
    Sedih…..

    Reply
  • July 28, 2022 at 6:01 pm
    Permalink

    Dulu sebelum pindah rumah, sempat pakai layanan Indihome. Bagus memang, tapi sayang lokasi rumah saya yang baru belum ada tiang katanya. Akhirnya pakai kartu paket.
    mengsedih bestie…….

    Reply
  • July 29, 2022 at 12:32 am
    Permalink

    Bener banget bunda, sempat awal pertama pasang Wi-fi indihome trus 3 bulan pakai loh kok jaringan nya makin lama makin hilamg fi bulan ke 5 beralih lah ke jaringan provider lain kan. Dan sampai sekarang masih di provider itu karna masih agak kecewa sama hilang timbulnya jaringan indihome. Alhamdulillah sekarang udah peremajaan jaringan ya bunda? Nanti coba diskusiin lagi lah sama orang rumah ganti ke indihome aja kalau menjanjikan lebih baik lagi jaringan nya dari yang kemarin kemarin.. trimakasih bunda info nya, semoga jaringan indihome lebih baik lagi

    Reply
  • July 29, 2022 at 12:34 am
    Permalink

    related, banget siih… selama pandemic kemarin juga coba pake Indihome, karena WFH butuh internet yang ekstra banget yaa geess yaaa ๐Ÿ˜‚

    dan sampai sekarang pake terus, nice ๐Ÿ‘

    Reply
  • July 29, 2022 at 1:00 am
    Permalink

    Aku sih no… Coz di kantor juga udah pake tuh ๐Ÿ˜ ๐Ÿ‘

    Reply
  • July 29, 2022 at 1:14 am
    Permalink

    Aaaaa pakaii IndiHome jg dirumah. Mantul jaringan dan layanannyaa! โค๏ธ

    Reply
  • July 29, 2022 at 8:48 am
    Permalink

    Dirumah mama pakai indihome juga nih kak, kenceng jaringannya selalu lancar kalau nonton youtube ๐Ÿ˜€

    Reply
  • July 29, 2022 at 1:14 pm
    Permalink

    Belum ketemu penyedia layanan internet rumahan yang worth it, padahal uda butuh banget. Segitu pentingnya jaringan internet yg kencang dan stabil sekarang ini. Mungkin dari pengalaman kakak pake IndiHome bisa jadi solusi untuk kami yang masih memilih

    Reply
    • July 29, 2022 at 4:46 pm
      Permalink

      Bener kak, kita nggak perlu make waktu lagi buat cari tau atau coba produk lain. Dari ulasan ini udah jelas banget kalo IndiHome punya kualitas.

      Reply
  • July 30, 2022 at 2:55 am
    Permalink

    Gak salah memang IndiHome menjadi the best seller home internet + TV di Indonesia. Secara di lingkungan kami bisa dipastikan semua yang berlangganan internet pasti milihnya IndiHome.

    Reply
  • August 1, 2022 at 4:12 am
    Permalink

    Kalo mau tetap eksis di jaman sekarang, perusahaan memang harus selalu berinovasi dan memperbaiki produk yang ditawarkan. Hebatnya Indihome bisa melakukan perbaikan terus menerus untuk meningkatkan pelayanan ke customer. Salut!

    Reply
  • August 1, 2022 at 4:14 am
    Permalink

    Semoga Indihome terusk menjadi produk layanan kecintaan rakyat Indonesia..
    Dan trus maju ๐Ÿ’

    Reply
  • August 1, 2022 at 4:15 am
    Permalink

    Sepertinya ini sebagai jawaban untuk aku yang ingin pasang WiFi di tempat tinggal yang baru, pengalaman yang kak Rizky alami jadi salah satu tolak ukur kenapa IndiHome menjadi pilihan utama di antara pilihan lainya ๐ŸŽ‰

    Reply
  • August 1, 2022 at 4:18 am
    Permalink

    epertinya ini sebagai jawaban untuk aku yang ingin pasang WiFi di tempat tinggal yang baru, pengalaman yang kak Rizky alami jadi salah satu tolak ukur kenapa IndiHome menjadi pilihan utama di antara pilihan lainya ๐ŸŽ‰

    Reply
  • August 1, 2022 at 4:31 am
    Permalink

    ini bisa dibilang semacam apresiasi lah ya kak untuk pak menteri erick dalam membenahi bumn di Indonesia, tapi gak ada salahnya juga lah ya kan kak untuk tetap mencermati apa yang menjadi kekurangan dari IndiHome, entah apa pun itu, pasti, biar tetap dan semakin bagus kinerjanya.

    Reply
  • August 1, 2022 at 11:26 am
    Permalink

    Setuju. Kita bisa data provider mana yang lebih digandrungi oleh banyak pihak di Indonesia. Artinya sebagian besar kebutuhan mereka terbantu dan terpenuhi. Karena kita tidak pernah tahu pasti akan ada saja provider-provider baru yang bermunculan yang bisa menjawab semua kebutuhan masyarakat Indonesia. Saat ini IndiHome sangat banyak sekali membantu kebutuhan-kebutuhan daring masyarakat kita. Harapannya ke depan terus lebih baik lagi, lebih kreatif lagi, lebih bersahabat dan bermanfaat hingga ke pelosok negeri. Panjang umur buat semuanya. Aamiin..

    Reply
  • August 1, 2022 at 3:24 pm
    Permalink

    Sebelum pke provider ini, kamk pernah pakai yg lain jujur aja hargany lebih murah tpi kualitasnya lebih bgus dri yg skrng kami pke ya itu indihome, padahal rumah kami gak dikampung kampung amat, tpi mo nangis kadang liat kestabilan jringannya ๐Ÿฅน๐Ÿ˜ญ blom lagi klok udah gangguan. Honestly agak kurang puas sih

    Reply
  • August 3, 2022 at 2:14 pm
    Permalink

    Peremajaan jaringan pastinya rutin bagi penyedia layanan internet yang punya banyak pelanggan se-Indonesia seperti IndiHome. Jadi ingat beberapa tahun lalu banyak jalan2 yang dibongkar di kota Medan untuk pembangunan kabel serat optik, Alhamdulillah faedahnya kita rasakan sekarang yaa

    Reply
  • August 8, 2022 at 1:49 pm
    Permalink

    Bener Kak,
    Alhamdulillaah di rumah juga pake IndiHome,
    Dan dri awal pasang sampai sekarang, belum pernah nyoba dengan provider lain..
    Sebab sudah terpenuhi semua yang diinginkan, nonton, meeting, uploaad dan download, semua lancar jaya!
    Mantap dan sukse terus untuk IndiHome ๐Ÿ‘

    Reply
  • August 13, 2022 at 2:14 pm
    Permalink

    Memang IndiHome keren ya, sudah sampai pelosok Indonesia, jadi gada lagi istilah gaptek meski di dusun. Gak ragulah.

    Reply
  • August 22, 2022 at 4:40 am
    Permalink

    Indihome ini membantu sekali dengan profesiku. Saat di waktu mepet, harus dikejar deadline, internet IndiHome bisa mengatasi semuanya. Bagus deh. Kenceng dan harganya terjangkau pula.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *